Kumpulan Doa Bapa Kami Agama Katolik Beserta Maknanya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa berdoa merupakan salah satu bukti bahwa kita membutuhkan Tuhan. Untuk penganut Katolik, tentu saja kita sudah sangat mengenal betul dengan Bapa Kami sebagai doa yang pertama kali diajarkan Yesus kepada murid-muridnya. 

Ya, doa tersebut menjadi doa yang paling sempurnya karena menjangkau tiga pokok utama doa, yakni pujian kepada Bapa di surga, permohonan yan disampaikan, serta penyerahan diri. 

Meski doa ini simple, namun Bapa Kami merupakan doa yang mempunyai makna mendalam. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kumpulan doa Bapa kami Katolik, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Bapa Kami yang Ada di Surga

Pada bagian doa ini, Yesus mengajarkan kepada murid-muridnya untuk memanggil Tuhan dengan nama Bapa. Dengan kata lain, Bapa untuk semua umat Katolik di seluruh dunia. Hal tersebut pun menafsirkan bahwa ada hubungan yang erat antara umat dengan Tuhan seperti anak dan Bapaknya. 

2. Dimuliakanlah NamaMu, Datanglah KerajaanMu

Untuk doa bagian yang satu ini menjadi awal doa bapa Kami, sekaligus juga mewakili pokok utamanya yakni memuliakan nama Allah yang menciptakan dunia dan seisinya. Tak hanya itu, doa ini pun menjadi pengingat kepada umat manusia untuk tidak membicarakan nama Tuhan dengan tidak hormat seperti perintah Allah kedua. 

3. Jadilah Kehendak-Mu di Atas Bumi Seperti di Dalam Surga

Adapun mengenai doa ini yang menjadi pengingat kepada umat Katolik agar menyerahkan semua yang terjadi dalam hidupnya ke dalam tangan Tuhan. Itu artinya, janganlah kita memaksakan diri dalam berdoa, melainkan harus dengan rendah hati menyerahkan semua urusan di dunia ke dalam kehendak-Nya. 

4. Berilah Kami Rezeki Pada Hari Ini

Hal ini dapat mewakili pokok doa yang kedua, yakni permohonan. Kita pun bsa memohon dalam banyak hal kepada Tuhan meskipun Ia sudah mengetahui apa yang kita butuhkan. Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam Al kitab Mat 6:7-8 yang berbunyi :

“Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangkan bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya“.

5. Dan Ampunilah Kesalahan Kami, Seperti Kami pun Mengampuni yang Bersalah Pada Kami

Bagian yang berikutnya ini merupakan momen ketika kita memohon ampun atas semua kesalahan yang telah diperbuat. Pasalnya, Allah yang Maharahim pastinya akan mengampuni segala dosa-dosa kita. Hal itu pun sudah tertulis dalam Al kitab Matius 6:14-15 yang berbunyi :

“Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu“.

6. Dan Janganlah Masukkan Kami ke Dalam Pencobaan, Tetapi Bebaskanlah Kami Dari yang Jahat. Amin

Pada kalimat penutup doa Bapa kami, umat Katolik diimbau untuk menyadari bahwa semua manusia itu tidak bisa luput dari kesalahan dan godaan dunia. Sebagai hambaNya, tentu saja kita harus menyerahkan diri kedalam bimbingan tanganNya agar dijauhkan dari segala kesalahan serta selalu taat kepadaNya. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai kumpulan Doa Bapa Kami Katolik, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan dan keimanan kepadaNya.  


Comments