5 Keutamaan Istimewa Untuk Mereka yang Menjaga Wudhu

Bukan hanya sekedar membasuh dan membersihkan beberapa bagian tubuh, wudhu pun juga bertujuan menyucikan jiwa kita. Bagi mereka umat muslim yang bisa menjaga wudhu dengan rukun wudhu ketika hendak beribadah seperti sebelum shalat sebelum batal, bahkan memiliki beberapa keutamaan. Karena tentu saja terdapat keutamaan istimewa untuk mereka yang menjaga wudhu. 

Bagi umat Islam yang mampu menjaga wudhu seperti itu, maka sudah tercatat merupakan ibadah sunnah mulia. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga wudhu ini dengan baik sebelum kalian melaksanakan suatu ibadah terutama sholat. 

keistimewaan menjaga wudhu

Supaya lebih jelas, berikut ini ada 5 macam keutamaan yang didapat bagi mereka yang senantiasa bisa menjaga wudhu tersebut.

Derajat yang diangkat di sisi Allah

Jika secara syariah, maka sangatlah indah untuk seseorang yang sering menjaga wudhu mereka. Ketika umat muslin senantiasa menjaga wudhunya, maka ia akan diangkat derajatnya oleh Allah. Hal tersebut sendiri yang dinyatakan Rasulullah SAW pada hadist di bawah ini.

“Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya!” Para sahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (H.R. Muslim 251).

Wudhu merupakan salah satu bagian iman

Jika seseorang ada yang batal wudhu, dia boleh kembali memperbaharui wudhunya. Hal inilah yang menjadi nilai beribadah baginya. 

Tetapi pada sisi lain, ada keistimewaan lainnya dalam menjaga wudhu yaitu menyimpan sisi kebersihan yang seperti banyak dari kita tahu kalau kebersihan tersebut sebagian dari iman. Wudhu pun bisa menjadi sebagian iman tersebut sehingga wudhu merupakan hal yang istimewa dan layak dijaga.

Didoakan malaikat

Ada beberapa orang yang berwudhu terlebih dahulu sebelum mereka tidur. Bagi setiap umat muslim dianjurkan senantiasa berwudhu, dikarenakan terdapat banyak aspek keutamaan yang ada di dalam wudhu ini termasuk sebelum tidur. 

Keistimewaan wudhu sebelum kita tidur yaitu kita akan ditemani oleh malaikat ketika malam hari. Bukan hanya itu, malaikat pun juga akan memohon supaya dosa kita diampuni kepada Allah SWT. 

Hal satu ini juga yang dikatakan Rasulullah seperti berikut ini:

”Sucikanlah jasad-jasad ini, niscaya Allah akan menyucikan kalian. Karena tak seorang hamba yang tidur di malam hari dalam keadaan suci, melainkan ia ditemani malaikat yang berada di selimutnya dan tidak bergerak sedikitpun sepanjang malam dan hanya berdoa,”Ya Allah, ampunilah hambamu ini, karena ia tidur dalam keadaan suci.” (HR. At-Thabrani yang dinilai shakhih oleh Syaikh al-Albani) 

Sebagai identitas muslim saat hari perhitungan

Islam merupakan agama yang sempurna, Islam selalu mengajarkan setiap kebaikan dan juga tidak lepas dari kebersihan. Kalau kamu senantiasa bersuci dengan wudhu, maka dapat digunakan pula sebagai identitas ketika hari perhitungan nanti. 

Karena bekas tubuh kita yang terkena wudhu bisa memancarkan cahaya saat hari perhitungan tiba nanti. 

Diberikan izin untuk masuk surga melalui 8 pintu 

Wudhu ini merupakan ibadah umat Islam tiap kali kita hendak salat. Tetapi bagi mereka yang senantiasa mampu menjaga wudhu, merupakan cara yang dapat menuntun kita masuk ke surga. 

Allah bahkan menyediakan 8 pintu menuju surga bagi mereka yang baca doa setelah melakukan wudhu. Seperti itulah 5 macam keutamaan yang bisa kita dapat ketika bisa menjaga wudhu dengan baik. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.


Comments